oleh

Makna Hari Pahlawan Bagi Pegiat Literasi dan Politisi

Pandeglang- Cahaya Aksara bekerjasama dengan Kemdikbud Direktorat PMPK melaksanakan program Kampung Literasi, di Pandeglang yang diberi nama Kampung Literasi Pandeglang Selatan. Beberapa program literasi dilaksanakan dalam upaya menambah jangkauan literasi di Pandeglang Selatan.

Salah satu program itu adalah pembukaan Pojok Baca di beberapa tempat di Pandeglang  Selatan, salah satunya pojok baca di radio Ujung Kulon FM. yang beralamat di Jl. Raya Sumur-Cibaliung, Ujung Kulon Padasuka Kecamatan Cimanggu Kabupaten Pandeglang Banten, pada hari Selasa (09/11/2021)

Selain peresmian Pojok Baca kegiatan ini juga di isi Talkshow literasi dengan tema “Semangat Pahlawan dan Literasi untuk Membangun Negeri” talkshow ini duet antara CEO Cahaya Aksara Munawair Syahidi dengan H. IIP Miftahul Choiry Anggota Komisi 2 DPR RI Dapil Banten 1 Lebak Pandeglang

H. IIP Miftahul Choiry Anggota Komisi 2 DPR RI Dapil Banten 1 Lebak Pandeglang Mengisi on air di Radio Ujung Kulon 95,1 FM yang beralamat di Jl. Raya Sumur-Cibaliung, Ujung Kulon Padasuka Kecamatan Cimanggu Kabupaten Pandeglang Banten, pada hari Selasa (09/11/2021) acara yang diberi tema “Semangat Pahlawan dan Literasi untuk Membangun Negeri” ini diduetkan dengan CEO Cahaya Aksara Munawair Syahidi.

Dalam kegiatan talkshow juga dimeriahkan dengan pembacaan puisi oleh M.Hafidudin dari Cahaya Aksara dan penapilan musik dari Paksi MAN 4 Pandeglang.

Dua narasumber ini mengamini pentingnya mengambil semangat para pahlawan untuk membangun Indonesia.

Munawir Syahidi mengatakan jika literasi adalah gerbang dari kemajuan, maka untuk memajukan sebuah wilayah perlu penguatan literasi.

“Literasi itu ibarat gerbang, jalan yang bila dilalui maka akan sampai pada kemajuan” ungkap Munawir Syahidi.

Dalam diskusi tersebut H. Iip juga mengatakan jika pahlawan era sekarang adalah mereka yang berjuang mengisi kemerdekaan. Termasuk membumikan literasi, mengajak membaca untuk masyarakat.

Iip mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan di Cahaya Aksara, dan dia berharap dapat berkolaborasi untuk bersama-sama meningkatkan SDM di Pandeglang dengan literasi.

Diakhir on air Gus IIP sapaan Akrabnya mengingatkan Kepada Kaum Muda Indonesia untuk mengingatkan pentingnya mengenal sejarah

“Kita memang tidak bisa menawarkan Masa lalu tapi bisa menawarkan Mada depan, dan sejarah bagian dari tayangan masa lalu kita yang akan melanjutkan episode selanjutnya yaitu kaum muda” ungkap nya

Lanjut nya Gus IIP juga berharap Kaum Muda Indonesia tetap mencintai Indonesia dan mengisi Indonesia dengan ide kreatif

“Harapan Indonesia ini anak muda
Jangan nyaman jadi warga rebahan
Mari memulai kreatif dan tetap cintai Indonesia” pungkasnya

Dalam kegiatan tersebut, juga diresmikan pojok baca di studio Ujung Kulon FM sebagai program dari Kampung Literasi Pandeglang selatan.

*Tim Media Cahaya Aksara

News Feed