Cahaya Aksara Menggelar Maraca Jilid 3

LITERASI34 views

Cahaya Aksara menggelar acara dua tahunan dengan tajuk Maraca yang merupakan akronim dari Mencari Relawan Cahaya Aksara.

Maraca adalah agenda dua tahunan yang digelar dengan tujuan untuk mencari relawan di Cahaya Aksara.

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Riung Cahaya Aksara ini dilaksanakan pada tanggal 29-30 Juli 2023.

Panitia dalam kegiatan ini Ferdy mengatakan peserta yang mengikuti kegiatan ini mereka yang akan menjadi relawan di Cahaya Aksara.

Masih menurut Ferdy tema yang diangkat pada kegiatan ini adalah “Membaca Bersama,Berkarya Berdaya”.

Materi yang disampaikan pada kegiatan ini adalah materi tentang literasi dasar, jurnalistik dasar, kepemimpinan dan keorganisasian serta kerelawanan.

Pemateri yang mengisi kegiatan tersebut diambil dari internal relawan Cahaya Aksara sampai dengan praktisi dan akademisi.

“Alhamdulillah pemateri yang mengisi kegiatan ini dari mamang bibi relawan Cahaya Aksara juga dari Praktisi dan Akademisi seperti Mang Rizal dan Bi Mia” Ungkap Ferdi.

Setelah materi yang dilaksanakan sampai pukul 21.00 WIB itu dilanjutkan dengan Panggung Aksara yang mendatangkan AARosya yang membawakan beberapa lagu yang menghangatkan suasana malam itu, dilanjutkan dengan kegiatan bakar-bakar sosis dan pisang di depan tenda yang dipasang di arena Cahaya Aksara.

Sementara Munawir Syahidi mengatakan kegiatan ini sebagai ikhtiar bahwa literasi san perintah membaca adalah sebuah kebaikan maka kebaikan harus diorganisir agar kebaikan itu terus memberikan manfaat yang berkelanjutan.

Selain itu pada tanggal 30 pagi, peserta dan panitia melanjutkan acara seperti senam dan pembekalan lanjutan keorganisasian yang dipandu oleh Fajar Saris sebagai Relawan Angkatan pertama yang memandu pembekalan dan pemilihan dan penyusunan pengurus Cahaya Aksara periode 2023-2024.