Assaum#2 TBM Saung Huma Sebuah Catatan

Assaum#2 TBM Saung Huma Sebuah Catatan

TBM Saung Huma yang berada di Kampung Curugluhur Desa Waringinjaya Kecamatan Cigeulis Pandeglang Banten. Untuk anda yang belum pernah berkunjung mungkin sedikit kesulitan menemukan lokasinya. Baiklah, patokannya adalah tugu perbatasan Kecamatan Cibaliung dan Kecamatan Cigeulis-Pandeglang Banten.

Sebelum tugu perbatasan itu ada sebuah jalan yang sudah rusak, berjarak sekitar 600 meter dari jalan raya. Setelah melewati kebun jati putih, kiri kanan, maka akan menemukan sebuah halaman rumah dengan rumput hijau dan sebuah saung yang menyatu dengan pohon tangkil, pada lantai dua pagar saung terdapat tulisan TBM Saung Huma dengan latar warna kuning tulisan hitam. Itulah TBM Saung Huma.

TBM Saung Huma Ramdan ini melaksanakan kegiatan Assaum (Acara Serius Santai Nunggu Magrib) acara yang dilaksanakan sudah kedua kalinya. Pertamakali pada tahun 2018.

Pada tahun 2019 ini acra dilaksanakan persis sama dengan tahun sebelumnya, dilaksanakan selama tiga hari. Assaum#2 dilaksanakan tanggal 25-27 Mei 2019. Beberapa kegiatan dilaksnakan mulai dari ngobrol tentang cara membuat film pendek sampai lomba-lomba.

Pada praktiknya, kegiatan Assaum#2 ini bukan tidak ada kendala, tapi semua kendala selalu punya solusi. Kendala keuangan selalu menjadi masalah utama dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh lembaga sosial. Tetapi percayalah, kegiatan yang menggelar empat lomba tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Melalui ini saya ucapkan terimakasih kepada Paksi MAN 4 Pandeglang, biem, Tio.Djawa, Warung Cibaliung Sababatur, Buletin tanpa batas, bayang tirta, Bunda Anah, dan semu pihak yang baik materil ataupun moril turut serta dalam kegiatan tersebut. Terimakasi tiada terhingga.

Gagasan tema pada Assaum#2 ini adalah berliterasi, beriman dan, bertaqwa. tema ini dimaksudkan untuk meyakinkan masyarakat bahwa berbicara literasi juga berbicara tentang agama, yang bermuara pada kualitas keimanan dan ketaqwaan.

Akhirnya, setiap sore yang penuh dengan keceriaan di TBM Saung Huma semoga dapat menular pada cara pandang kita dalam menghadapi hidup. Selamat datang di Assaum#3 tahun 2020. Aamiin.

*Munawir Syahidi Pendiri TBM Saung Huma