oleh

Cahaya Aksara, meningkatkan literasi dengan peogram BACA “Berbagi Cahaya”

-PROGRAM-93 views

Pada Kamis, 20 Mei 2021, Relawan Cahaya Aksara menyelenggarakan program BACA (Berbagi Cahaya) ke acara NGARIUNG (Ngumpul Bareng Pemuda Cibaliung) yang ke-9 di Taman Edukasi Sumur, yang diselenggarakan oleh KUMAUNG Cabang Yogyakarta. Taman Edukasi adalah tempat yang dibangun sebagai tempat terbuka yabgIsa digunakan oleh masyarakat umum, taman edukasi beralamat di kampung Legon,kecamatan Sumur,kota Pandeglang, Banten.

Peserta yang hadir dalam acara tersebut adalah komunitas lokal yang berada di daerah Cibaliung, di antaranya REDAY (Remaja Dayeuh) sebagai tuan rumah kegiatan, Secret of Life yang mementaskan musik, dan Relawan Cahaya Aksara (CA) yang menjalankan program BACA (Berbagi Cahaya).

Menurut Hafid, sebagai perwakilan dari Kumaung Yogyakarta, dalam kegiatan NGARIUNG ke-9 ini menjadi berbeda karena dimeriahkan dengan pergelaran buku oleh Relawan Cahaya Aksara, buku tersebut dibawa langsung dari Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Cahaya Aksara, yang beralamat di kampung Curug Luhur,Desa Waringinjaya, Kecamatan Cigelis, Pandeglang, Banten.

Buku yang dibawa pada kegiatan ini kebanyakan buku bacaan remaja, karena peserta yang hadir dalam kegiatan Ngariung memang biasanya dipenuhi para remaja.

Sebelum kegiatan Ngariung dimulai, sambil menunggu peserta yang lain, para peserta dapat membaca buku dan berdiskusi kecil membicarakan buku.

Aman, sebagai salah satu relawan CA mengatakan Program BACA ini adalah upaya untuk memperluas penyebaran litersi, Berbagi Cahaya (BACA) selalu dilaksanakan walau peminat terhadap membaca buku belum banyak, karena generasi kita kadung terpedaya oleh gaway. Tapi kebaikan harus terus dilakukan walau tidak ada yang melihat dan menilai, seperti jam yang bergerak setiap detik, menit, dan hari selalu terus menerus bemberi manfaat, walaupun kita hanya melihatnya ketika kita ingin mengetahui waktu.

Semoga Berbagi Cahaya (BACA) terus dapat dijalankan oleh Relawan CA, karena semua manusia masih butuh penerang serta petunjuk, melalui cahaya ilmu. Pungkas Aman.

News Feed