oleh

Cara Mudah Menanam Jahe Merah di Pollybag

Sejak pandemi covid 19, masyarakat Indonesia lebih banyak dirumah dan mulai mencari kesibukan di rumah, termasuk mulai belajar berkebun. Selain itu masyarakat lebih memilih tanaman yang mengandung bahan untuk menjadi tanaman obat dan menjaga daya tahan tubuh, termasuk salah satunya adalah jahe.

Baca Juga: Khasiat jahe merah

Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat.

Budidaya jahe cukup mudah dilakukan, bahkan selain dapat ditanam langsung pada lahan, jahe juga dapat ditanam pada polybag dan diletakkan di pekarangan rumah sehingga memudahkan untuk perawatan dan pemantauan.

Jika anda tertarik untuk membudidayakannya, berikut ini kami ulas penjelasan mengenai Cara Menanam Jahe di Polybag.

SIAPKAN BENIH ATAU BIBIT

Dalam memulai penanaman jahe menggunakan pollybag benih adalah hal yang utama, Benih atau bibit jahe adalah berupa rimpangnya, jahe yang baik untuk benih adalah jahe yang sudah tua dan berusia sekitar (sepuluh) 10 bulan ke atas. Selain itu, carilah yang berwarna cerah, sehat, mulus, dan ukurannya besar. atau silahkan cari di toko pertanian.

siapkan juga ZPT bisa didapatkan di toko-toko pertanian atau bisa juga menggunakan ZPT alami berupa bawang merah yang dihaluskan. Perendaman dilakukan selama kurang lebih 6- 8 jam.
Potong-potong ruas jahe sesuai ruasnya ( setiap ruas memiliki calon mata tunas ). Rendam potongan rimpang ke dalam air yang telah ditambahkan ZPT ( zat pengatur tumbuh ) di dalamnya.

TAHAP PENYEMAIAN

Persemaian akan bertunas setelah 1-2 minggu dan siap dipindah tanam setelah berumur 1 bulan dari penyemaian. Tahap penyemaian atau penunasan diawali dengan menyiapkan media semai dan wadah persemaian.

Media semai yang digunakan adalah berupa arang sekam murni tanpa campuran, sedangkan wadah persemaiannya berupa bak persemaian atau sejenisnya, jangan lupa membuat lubang-lubang kecil di bawahnya agar air siraman tidak tergenang di dalamnya. Masukkan media semai ke dalam bak persemaian kemudian siram hingga lembab.

Susun berjajar rimpang jahe yang telah direndam ZPT, berikan jarak dan jangan terlalu rapat kemudian tutup menggunakan arang sekam dan diikuti dengan penyiraman.

MEDIA TANAM

Komposisi media tanam yang digunakan berupa tanah, pupuk kandang/kompos dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1, aduk dan campurkan hingga merata. Masukkan media pada polybag, syarat polybag yang digunakan yaitu memiliki lubang-lubang kecil di bawahnya. Siram media dalam polybag hingga bah merata, gunakan polybag yang relatif lebih besar agar mendapatkan hasil yang besar.

TAHAP PENANAMAN

Terlebih dahulu buatlah lubang tanam pada polybag. Cabut perlahan dan hati-hati bibit jahe dari persemaian agar tidak merusak perakaran. Tanam bibit pada lubang tanam yang telah dibuat sebelumnya, sedikit padatkan agar bibit erat tertanam dan tidak mudah goyah, kemudian siram hingga merata. Jika polybag cukup besar bisa ditanam 3 bibit dalam 1 polybag, jika anda memiliki bahan yang lain untuk dijadikan polybag maka bisa menggunakan bahan yang lain selain membeli polybag dari toko tani.

*Munawir Syahidi (diolah dari berbagai sumber)

News Feed