Kelompok Tani Konservasi (KTK) Bangun Kesefahaman dengan Balai Taman Nasional Ujung Kulon

Kelompok Tani Konservasi  (KTK) Bangun Kesefahaman dengan Balai Taman Nasional Ujung Kulon

Semburat. Com| Desa Ujungjaya Kelompok Tani Konservasi melaksnakan penandatanganan nota kesepahaman dengan pihak TNUK dalam pemanfaatan wilayah TNUK di Ujungjaya (05/04/2018)

Pembentukan Kelompok Tani Konservasi di Desa Ujungkaya merupakan cara yang dianggap tepat dalam meminimalisir permasalahan dengan petugas dalam penggarapan lahan yang berada diperbatasan kawasan Taman Nasional Ujungkulon. Khususnya daerah perkampungan yang termasuk kedalam wilayah Desa Ujungjaya.

Sebagaimana dituturkan oleh ketua kelompok Tani Konservasi yaitu Sukroni pada sela-sela presentasinya mengatakan jika lembaga ini turut serta dalam pelestarian alam di TNUK dan harus dapat mengambil manfaat untuk kesejahteraan masyarakat dengan tidak merusak alam,

“Saya mengharapkan dengan berdirinya Kelompok Tani Konservasi ini mampu menjadi salahsatu lembaga yang sama-sama untuk menjaga kelestarian alam yang kita cintai ini, selain itu kami akan mengakomodir kelompok kelompok lain seperti, kelompok kompilasi (mangrove), kelompok madu, kelompok nelayan dan kelompok penggerak wisata sekaligus pengurus kelompok kuncen juga dalam berkegiatan agar apa yang diharapkan mampu menjadikan masyarakat ngejo leuweung hejo”

Sama hal nya dukungan terlontar dari kepala desa Sardan mengungkapkan sangat mendukung dengan kegiatan yang dilakukan oleh kelompok Tani Konservasi , sehingga dapat terjalin keharmonisan antara petugas dan pihak Pemerintah dalam hal ini Balai Taman nasional dengan warga desa ujungjaya kedepannya.

Disela-sela sambutannya camat sumur Nazmudin juga menambahkan, “Saya selaku Camat merasa lelah dan haus akan keharmonisan warga, dengan petugas Taman Nasional ujungkulon sehingga kesejahteraan masyarakat bisa dirasakan tidak hanya dalam pembicaraan saja melainkan ada bukti dari semua perencanaan. saya sangat mendukung” Ungkapnya.

Pihak Balai Taman Nasional ujungkulon punya Rasa bangga dan sangat mengapresiasi akan rencana KTK ini karena ternyata kelompok ini dibentuk punya visi dan misi jauh lebih bagus dan mampu mepresentasikan dalam setiap kegiatannya, Ungkap pihak TNUK.

 

Reporter: AbledTj