“Komentar” Bukan Sekedar Tempat Berkomentar

“Komentar” Bukan Sekedar Tempat Berkomentar
Peserta "Komentar" Dalam Acara Bedah Buku

semburat.com- Komunitas Menulis Pontang-Tirtayasa (KOMENTAR) didirikan oleh Encep Abdullah (Penulis Buku Cabe-Cabean dan Lelaki Ompol) Komunitas ini berdiri pada 09 Juni 2016 yang saat ini bertempat di kediaman orang tua dari Encep Abdullah di Kp.Pasar Sore (Burak), Desa. Singarajan, RT/RW 04/01, Kec. Pontang, Kab. Serang, Banten. Menurut Encep Komunitas ini sebenarnya bersifat umum bukan hanya khusus untuk peserta yang berdomisili di Pontang-Tirtayasa, tetapi karena jarak peserta menuju tempat atau markas komunitas ini jauh maka diutamakan yang berada di Pontang dan Tirtayasa agar tidak terlalu jauh. Jka peserta mau datang darimanapun akan diterima, seperti sekarang ini ada juga peserta baru dari Kasemen, Serang. Kegiatan komunitas ini dilaksanakan setiap hari minggu, adapun untuk latar belakang pesertanya adalah Mahasiswa, Guru, Karyawan, Pedagang dan pengangguran. Kegiatan ini dibimbing langsung oleh Encep Abdullah sebagai pendiri KOMENTAR.
Komunitas ini sudah berdiri satu tahun dan saat ini sedang berjalan angkatan ke-3. Karena angkatan ke-1 dan ke-2 sudah selesai dan sudah menghasilkan karya yaitu buku yang berisi kumpulan karya-karya para peserta. Masih menurut Encep lamanya pertemuan tidak ada batasan untuk jumlah pertemuan, satu angkatan akan diakhiri berdasarkan kemampuan peserta membuat karya, jika memang sudah terlihat mampu membuat karya maka bimbingan akan diselesaikan. Biasanya setiap angkatan hanya dibimbing selama 5-6 bulan saja, ungkap Encep.
“Tandanya diakhir pertemuan setiap angkatan membuat satu buku yang berisi hasil karyanya masing-masing yang sudah diseleksi oleh pembimbing. Karya tulis yang dibuat yaitu Puisi, Cerpen dan Essai” Untuk biaya penerbitan kadang mengambil dari Encep Abdullah sebagai pembimbing, atau dari iuran mereka sendiri, Karena menurut Encep, buku yang dicetak dalam jumlah terbatas dan hanya sebagai arsip komunitas. Encep Abudullah sebagai pembimbing sekaligus pendiri komunitas ini beraharap semoga KOMENTAR tetap istiqomah “Harapan saya, semoga teman-teman di KOMENTAR tetap istiqomah berkarya, juga tidak kesekdar menulis diri sendiri, melainkan untuk umum terutama menulis di media”.

Reporter:Asep R