Menentukan Kartu Undangan

Menentukan Kartu Undangan

Kartu undangan, adalah surat undangan yang dibuat untuk mengundang orang pada sebuah acara resepsi, pesta atau hajatan, baik itu pernikahan ataupun acara yang lain. Memilih jenis undangan bagi sebagian orang adalah tanda harkat dan martabat, semakin unik, semakin mahal maka seolah menunjukan kualitas pesta dan keluarga yang mengundang. Kalau anda bagaimana?

Kartu undangan secara umum berdasarkan bahannya dapat dibagi menjadi dua kertas dan non kertas.

Undangan kertas dapat dibagi menjadi dua berdasarkan proses pembuatannya, ada yang sparasi (Full Colour) dan BW (Black White)

Untuk yang sparasi ini biasanya dipakai untuk undangan yang memang membutuhkan design yang benar-benar mempertimbangkan design yang full colour. Mencatak undangan sparasi biasanya lebih mahal karena jika dikerjakan dengan mesin besar maka biaya cetaknya akan terasa mahal. Sekarang banyak mesin kecil yang mampu mencetak dengan kualitas yang lumayan bagus tapi tidak kuat untuk memproduksi dalam jumlah besar. Proses akhir dari undangan ini juga macam-macam ada yang masih harus di glosy supaya nampak mengkilap, bisa ditambahkan di embos dan di polly untuk menjadikan beberapa bagian seperti warna keemasan dan timbul.
Belum lagi jika design dengan bentuk yang unik juga memotong kertas dengan bentuk tertentu juga membutuhkan biaya yang lumayan. Menggunakan undangan jenis ini anda dapat menyalurkan keinginan anda suka-suka, memakai photo atau apapun yang anda inginkan.

Undangan Black White undangan dengan satu warna, terbatas pada satu warna saja, tapi pemilihan jenis kertas yang baik sebenarnya dapat membuat jenis undangan ini menjadi unik dan klasik. Tapi tetap dengan menggunakan glosy.

Undangan jenis ini juga dapat menggunakan blangko undangan yang sudah ada di tempat membuat undangan.

Undangan non kertas, biasanya dikerjakan dengan tekhnik sablon, termasuk pada media kayu, bambu, plastik dan lain-lain. Undangan ini bisa dipilih karena unik, sesuai dengan kreatifitas dan kemampuan yang mengerjakan undangan tetsebut.

Sebenarnya pada intinya menurut saya undangan tidak dilihat dari mahalnya karena biasanya undangan hanya dibaca yang pentingnya saja. Dan kedatangan yang kita undang juga bukan dilihat dari design undangan kita, lebih pada kedekatan.

Nah jadi bagi anda yang ingin membuat undangan pernikahan, maka yang utama siapkan calon yang akan anda nikahi. heheh. Kalau anda mau menikah dan belum punya pasangan maka cari dulu pasangannya baru pesan undangannya.

Nah anda dapat memesan undangan ke Warung Saung Huma  Klik Disini

 

*Munawir Syahidi