Olahan Kulit Melinjo dengan Segala Kenikmatannya

Olahan Kulit Melinjo dengan Segala Kenikmatannya

Sebagian orang, ingin menikmati makan yang penuh dengan selera. Orang bisa menghabiskan banyak uang untuk memanjakan lidahnya, tapi kadang bagi sebagian orang kenikmatan makan itu kadang hanya dengan sesuatu yang murah.

Misalnya makanan yang terkesan kampungan, sambel terasi dengan lalap daun jambu mede, rebus pepaya muda, petai atau jengkol disajikan dengan nasi liwet hangat. Aduhai nikmat sekali, ditambah dengan ikan asin dicampur bumbu dan rempah termasuk tomat yang dibakar dengan bungkus daun pisang.

Atau misalnya, makan hanya dengan oseng pare atau kalau dalam bahasa Cibaliung disebut dengan Paria yang rasanya pahit itu.

Atau makanan yang satu ini, Kulit melinjo. Melinjo adalah tumbuhan dengan buah lonjong yang buahnya dapat dijadikan emping.

Selain emping yang nikmat itu melinjo juga bisa dijadikan banyak masakan kampung yang sederhana. Misalnya pucuk melinjo yang dapat dijadikan gonjleng pucuk melinjo, bagi sebagian orang sangat nikmat. Kemudian buah melinjo muda adalah syarat mutlak untuk melngkapi sayur asem. Atau bunga bakal buah melinjo dapat dipasak oseng.

Nah kulit melinjo, nikmatnya adalah ketika dioseng dengan bumbu sederhana saja, asal dipasak setelah direbus agar benar-benar empuk.

Dimasak dengan sempurna atau sederhana tetap dapat meningkatkan napsu makan, sediakn juga goreng tempe dan goreng ikan asin, percayalah akan menambah napsu makan anda.

Kenikmatannya memang bukan seperti makan dengan masakan yang aneh-aneh, tapi cukup membuat napsu makan meledak-ledak.

Dibeberapa daerah di Indonesia ini lumrah kita temui, dengan nama yang berbeda dengan kenikmatan yang sama sempurna.

Jangan khawatir tenggorokan gatal, jika anda dalam keadaan sehat, tapi jika sedang batuk maka sebaiknya hindari terlebih dahulu.

Nah, terbaru kulit melinjo yang sudah berwarna merah itu juga dapat dijadikan keripik kulit melinjo.

Atau, jika punya kulit daun melinjo yang masih belum matang sempurna maka, boleh dimasak menjadi sayur yang hanya dinikmati airnya saja. Belum pernah coba? Ayo mencoba.