“Orang Asing” Teater Wonk Kite Produksi 2017

“Orang Asing” Teater Wonk Kite Produksi 2017
Aktor dan Crew Teater Wonk Kite (Sumber Poto Fadly)

semburat.com CILEGON-Geliat komunutas teater di Cilegon selalu melibatkan komunitas teater Wonk Kite, di tahun 2017 ini teater Wonk Kite telah menggelar pementasan teater di Cilegon dan Pandeglang, menurut Fadli kepada redaksi bahwa di tahun 2017 ini Wonk Kite  membawakan naskah “Orang Asing” Karya Ruppert Brook yang disadur oleh A. Djajakusuma dengan sutradara Kacuq Hembring.

Naskah ini bercerita tentang seorang lelaki yang bertamu malam hari di sebuah rumah tua di desa pedalaman. Dirumah itu hidup keluarga miskin yakni ibu, anak perempuan dan seorang bapak. Orang asing itu memberi tahu bahwa dia kesasar dalam hutan dan ingin menginap di rumah itu. Lelaki itu memperlihatkan isi koper yang berisi uang dan jam emas dengan sombongnya . Tuan rumah yang awalnya ramah dan baik menjadi berubah, keluarga itu mengira bahwa orang asing itu maling dan lari kerumah mereka. Akhirnya keluarga itu berniat membunuh lelaki itu. Bapak tidak sanggup membunuh karena takut dan dia pergi ke warung untuk membeli tuak. Ibu dan anak perempuan menunggu bapak dengan cemas dan kesal. Karena kesal menunggu, anak perempuan itu mengambil kampak untuk membunuh orang asing itu. Setelah terjadi pembunuhan, bapak pulang dengan keadaan mabuk bersama tukang warung. Tukang warung bercerita tentang orang asing itu, bahwa dia adalah anak mereka yang telah lama minggat dan kembali lagi. Orang asing itu bermaksud memberikan kejutan kepada keluarganya. Ibu dan anak terkejut mendengar berita itu. Tapi sayang nasi sudah menjadi bubur. Penyesalan tinggal penyesalan.
Anaknya yang kembali malah dibunuh oleh adiknya sendiri.
Pementasan pertama di awali di Cilegon dan berakhir di Pandeglang. Bagi komunitas ini mentas teater adalah sebuah semangat yang selalu baru untuk terus berkarya kembali.