oleh

Orientasi SAPMA PP Kota Cilegon Membentuk Pemuda yang Pancasilais

-EXPLORE-155 views

Semburat.com – Organisasi Kepemudaan (OKP) SAPMA PP (Satuan Siswa Pelajar Mahasiswa Pemuda Pancasila) Kota Cilegon lakukan Orientasi terhadap anggota baru pada hari Sabtu tanggal 10 April 2021 di Aula Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Cilegon dengan tema “. Pembukaan kegiatan orientasi ini dihadiri oleh beberapa OPD terkait seperti Dinas Pendidikan Kota Cilegon dan Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Cilegon. Selain itu turut hadir jajaran Pengurus Wilayah SAPMA PP Provinsi Banten, Ketua MPC Pemuda Pancasila Kota Cilegon beserta jajaran, Srikandi PP Kota Cilegon dan juga beberapa Organisasi Kepemudaan berbasis mahasiwa Se-Kota Cilegon, serta Karang Taruna Kota Cilegon.

“Acara ini dilaksanakan sebagai wujud pengkaderan kami untuk calon anggota baru SAPMA PP Kota Cilegon, sehingga terciptanya kader kader patriot yang Pancasilais disetiap sekolah ataupun perguruan tinggi”, pungkas Irvani sebagai ketua pelaksana.

“Sebagai bentuk wadah, kami selaku organisasi mahasiswa SAPMA PP Kota Cilegon, tidak lelah lelahnya untuk memberikan pemahaman nilai nilai dasar pancasila kepada kader kader sapma pp kota cilegon, terkhusus untuk kader yang dalam hal ini sedang mengikuti orientasi SAPMA PP kota Cilegon. Karena pada dasarnya setiap organisasi mahasiswa selayaknya membutuhkan regenerasi untuk kepengurusan selanjutnya sebagai bentuk wadah pemeberdayaan pelajar, siswa dan mahasiswa pemuda pancasila kota cilegon. “. Ujar Sahabat Ujang sebagai Ketua SAPMA PP kota Cilegon.

Sekretaris MPC PP Kota Cilegon, E.W.Dahlan menjelaskan, bahwa “SAPMA PP Kota Cilegon hadir dikota Cilegon bukan sebagai masalah, akan tetapi SAPMA PP hadir untuk memberikan bimbingan kepada siswa pelajar dan mahasiswa yang ada di kota cilegon untuk meningkatkan atau mengamalkan poin poin yang termaktub dalam Pancasila. Saya mengharapkan hasil dari pada orientasi hari ini semoga kader SAPMA PP menjadi kreatif, inovatif dan juga bisa menciptakan perubahan terkhusus untuk pemberdayaan masyarakat yang ada dikota cilegon”.

Di sisi lain, acara ini dihadiri oleh Ketua MPC PP Kota Cilegon yang juga Wali Kota Cilegon, H. Helldy Agustian, SE, SH, MH. Menerangkan bahwa organisasi khususnya organisasi kepemudaan tidak hanya sebatas seremonial dalam melakukan perekrutan anggota. Organisasi kepemudaan atau OKP sekelas SAPMA PP Kota Cilegon harus mampu mencetak pemimpin dengan sifat leadership yang nantinya bisa diinterpretasikan dalam kehidupan sehari-hari dan menumbuhkan sifat kepemimpinan ini harus dilakukan setiap OKP termasuk SAPMA PP Kota Cilegon karena tidak semua orang bisa untuk memaksimalkan potensi tersebut.

Chandra Ariandika Sebagai Ketua PW SAPMA PP Provinsi Banten menuturkan, “SAPMA PP jangan sampai terpecah belah, kita satukan badan untuk kebersamaan SAPMA PP. Sesuai Tema Orientasi Sapma PP kota Cilegon, menciptakan kader yang kreatif, inovatif dan mandiri berdasarkan kekeluargaan dan asas pancasila. Dengan ini, kedepan yg saya harapkan SAPMA PP Kota Cilegon sesuai dengan tema tersebut. Selain itu saya juga berharap orientasi ini bisa menghasilkan kader yang sesuai dengan pengharapan yang tertulis dalam tema kegiatan dan anggota baru nantinya dapat mengamalkan nilai-nilai pancasila dikehidupan sehari-hari” tutupnya.

 

 

Penulis : Aan Faishal Jabbar

Editor   : Moh. Sopyan / Semburat.com

News Feed