Pernyataan Menpan-RB tentang peraturan Peserta yang Tidak Lulus CAT

Pernyataan Menpan-RB tentang peraturan Peserta yang Tidak Lulus CAT

Passing grade untuk CAT seleksi kompetensi Dasar (SKD) dengan ketentuan awal (TWK) 75, Tes Intelegensia (TIU) 80, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 143.

Banyaknya peserta yang tidak lulus passing grade membuat Menpan-RB harus menyiapkan peraturan baru terkait masalah tersebut karena jika dibiarkan maka banyak formasi CPNS yang kosong.

Passing grade bukan lagi segala-galanya dalam tes SKD kali ini. Sebab, peserta yang tak mencapai target pun memiliki kesempatan menjadi CPNS.

Menurut Menteri PAN-RB Syarifuddin pihaknya saat ini akan mengeluarkan aturan baru untuk mengisi formasi CPNS yang dirasa kurang. Sebab, hingga saat ini banyak peserta yang tak nilainya tak mencapai passing grade.

Adapun aturan tersebut mengenai kelulusan di tahap selanjutnya melalui sistem kombinasi passing grade dan ranking. Sehingga yang tidak memenuhi passing grade di SKD belum tentu tidak lulus.

Dilansir dari detikFinance, menteri tidak mau mengatakan jika  yang tidak memenuhi target itu yang tidak lulus.

“Jadi saya tidak mau mengatakan, yang memenuhi target itu yang lulus atau yang belum memenuhi target itu yang nggak lulus. Walaupun yang memenuhi target kemungkinan besar lulus, dan yang belum memenuhi target bisa saja (lulus),” kata dia dalam temu media di Pand’or, Jakarta, Selasa (13/11/2018).

Ia memaparkan, aturan tersebut ditargetkan selesai oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS minggu depan. Dengan begitu, ia harap aturan tersebut bisa memenuhi formasi CPNS minimal 80%.

“Paling minggu depan dan solusinya ini akan diputuskan dalam Peraturan Menteri PAN-RB (Permenpan). Ini bukan mengganti tapi menopang jadi agar bisa mencapai target memenuhi formasi setidaknya 80%,” ungkap dia.