oleh

Rakyat Jelata Jadi Duta Baca Indonesia*

Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando mengatakan Duta Baca Indonesia adalah role model yang menginspirasi dalam membangun sumber daya masyarakat seluruh Indonesia.

“Sosok Duta Baca bukan sekedar penyambung lidah program pemerintah tetapi juga sebagai seorang influencer, opinion leader, motivator, penggerak hati masyarakat agar mau menjadikan aktivitas baca sebagai budaya dalam keseharian sehingga nantinya berdampak positif pada pertumbuhan literasi di Tanah Air,” katanya di Jakarta, Jumat (30/4/2021).

Gol A Gong sosok pegiat literasi yang lebih dari tiga dekade menggeluti dunia literasi, dengan Rumah Dunia Gol A Gong menyebarkan virus literasi.

Duta baca Indonesia yang sebelumnya didapuk oleh Najwa Sihab kini dieteruskan estafetanya oleh Gol A Gong, pegiat literasi dari Banten.

Kalau sudah membaca Balada Si Roy berarti kita telah berkenalan dengan Gol A Gong melalui karyanya tersebut, karya yang difilmkan dan telah selesai tahap penggambilan gambarnya.

Semua pegiat literasi berharap, dengan didapuknya Gol A Gong menjadi duta baca Indonesia maka gairah penyebaran literasi di Indonesia semakin masiv.

Dalam statemennya Gol A Gong menulis

 

Sumber Dari Facebook golagong penulis

Saya hanyalah rakyat jelata. Tidak didukung media besar atau institusi besar seperti Tantowi Yahya, Andi Flores Noya, dan Najwa Shihab. Bahkan tidak juga infrastuktur lainnya. Apalagi pendanaan.
Jadi saya hanya bisa meminta dukungan kepada sesama rakyat jelata. Kepada Allah SWT dan kalian. Saya juga belum sempurna. Jadi jika ingin melihat Indonesia maju, rakyat jelata yang selama ini sering dikambinghitamkan sebagai golongan yang tidak suka membaca apalagi menulis, mari merapat kepadaku. Kita sama-sama belajar.

Ayo, kita sama-sama bergerak dan menggelorakan: membaca itu sehat, menulis itu hebat. Saya akan siap mengajari kalian membaca. Saya Duta Baca Indonesia 2021 yang mungkin secara waktu akan lebih banyak berbaur dan secara status sosial, saya tidak akan berjarak. Saya rasa karena alasan itu Perpusnas RI memilih saya, agar saat belajar bisa lebih intens dan tidak berjarak
(Gol A Gong)
Mari berteriak gembira: Berdaya dengan buku!
(Gol A Gong/Duta Baca Indonesia 2021-2025)

News Feed