oleh

Refleksi Tahun Baru dengan NGARIUNG (Ngumpul Bareng Pemuda Cibaliung)

-EDUKASI-93 views

 

Semburat.com – Ngariung (Ngumpul Bareng Pemuda Cibaliung) dengan tema “Refleksi tahun baru dan haul gusdur ke 11 : menyemai benih toleransi ala gusdur”

Kumaung (Keluarga Mahasiswa Cibaliung) dan Santri Ponpes Khoerul Fata berkolaborasi dengan beberapa organisasi yang ada di Cibaliung untuk menggarap acara Ngumpul bareng pemuda cibaliung, acara ini baru dua kali diselenggarakan dan malam ini Jum’at, 01 Januari 2021 adalah Ngariung yang ketiga dan akan berlangsung Pukul 20.00 s/d selesai.

Acara ini digagas oleh kawan-kawan Kumaung Cabang Yogyakarta yang biasa diselenggarakan pada malam hari pukul 20.00 WIB s/d selesai bertempat di Saung Mang Rouf (salah satu anggota Kumaung Cabang Yogyakarta) Kp. Sadang Kolot Desa Ciburial Kec. Cimanggu.

Biasanya acara Ngariung ini terdiri dari Selawatan, Diskusi dan Baca puisi serta biasa ditutup dengan Do’a, untuk kopi dan cemilan biasanya disediakan oleh tuan rumah yaitu mang M. Rouf Didi Sutriadi dan kawan-kawan yang datang ke acara ini. Namun untuk Ngariung yang ketiga ini agak berbeda karena kami mencoba bersinergi dengan beberapa organisasi yang ada di Cibaliung yaitu Rohis Al-firdaus MAN 4 Pandeglang sebagai pemimpin selawatan, Cahaya Aksara sebagai media, Ponpes Khoerul fata, Paksi MAN 4 Pandeglang sebagai penampil lagu Iwan Fals yang berjudul “Do’a”, IKABA (Ikatan Alumni Baitul Azhar) dan PBR (Pengembangan Bakat Remaja Cicadas).

“Saya berharap Ngariung ini semakin banyak pesertanya baik dari kalangan muda ataupun tua, baik yang memiliki pendidikan formal maupun mereka yang tidak bisa mengeyam pendidikan formal, baik sang Organisator ataupun kutu buku, siapapun yang datang ke acara Ngariung ini akan senantiasa kami apresiasi. Dan bagi kamu yang ingin mengikuti acara ini sebagai media belajar atau ajang silaturahmi atau sebagai apapun dengan maksud apapun selama itu baik, selalu kami tunggu, ayo kita Ngariung dan kita persiapkan lagi Ngariung yang selanjutnya.” Ujar Muhamad Hafidudin sebagai salah satu penggagas acara Ngariung.

“Ngges mun rek ngayakeun acara naon bae nu positif mun hese neangan tempat kadieu bae, ngeun hampura cuma bisa nyediakeun tempat doang.” Ujar mang Rouf sebagai tuan rumah sekaligus penggagas acara Ngariung

Mari kita korelasikan pikiran, selaraskan hati dan eratkan silaturahmi.

Penulis : Muhamad Hafidudin
(Relawan Cahaya Aksara dan Anggota Kumaung Cabang Yogyakarta)

Editor : Moh. Sopyan / Semburat

News Feed