Ribuan Honorer K2 Banten Meminta Penundaan Pembukaan CPNS Jalur Umum

Ribuan Honorer K2 Banten Meminta Penundaan Pembukaan CPNS Jalur Umum

Ribuan honorer Kategori dua menolak pembukaan CPNS jalur umum (18/09/18) dalam demonstrasi yang dilaksanakan di pusat pemerintahan provinsi Banten ini diikuti oleh ribuan orang dari berbagai latarbalakang, mulai dari guru dan tenaga administrasi.

Menurut Ade Apandi salah satu honorer katgori dua yang mengikuti aksi tersebut mrngatakan bahwa forum K2 Honorer menolak pembukaan tes CPNS jalur umum sebelum Kategori K2 semuanya telah diangkat PNS.

“Harus ada revisi undang-undang, jangan ada pembukaan CPNS sebelum kami kategori dua diangkat PNS”

Mereka mengatakan jika mereka sudah mengabdi puluhan tahun, dengan gaji yang masih jauh dari cukup. Mereka menuntut agar para honorer Kategori dua didahulukan dinagkat PNS.

Sampai saat ini nasib kategori dua belum jelas, bahkan untuk pembukaan SPNS 2018 ini jelas diskriminatif karena usia para honorer K2 yang lebih dari 35 tahun.

“Kami jauh-jauh datang dari Ujung Kulon ke Kota Serang ingin menyuarakan tuntutan kami, kami yang sudah puluhan tahun mengabdi merasa dianak tirikan” Ungkap Ade Apandi.

Aksi honorer itu diterima oleh Samsir Asda III Pemprov Banten mengatakan tuntutan honorer K2 akan disampaikan ke kemenpan RB, melalui surat permohonan penundaan pembukaan CPNS untuk Provinsi Banten.

Sementara itu, Asda III Samsir mengatakan akan menyampaikan aspirasi yang disampaikan oleh para honorer K2. Termasuk mengirimkan surat permintaan penundaan penerimaan CPNS umum ke Kemenpan RB.

“Mudah-mudahan surat selesai disampaikan sebelum peraturan yang mengatur terhadap CPNS diubah karena ada kesempatan untuk honorer mendaftar,” ungkap Samsir.

Reporter:Munawir Syahidi