oleh

Saling Belajar, TK Alam Cahaya Aksara Diskusi Bareng TK Mata Hati Ujung Jaya

-EXPLORE-83 views

Sebuah Catatan dari Munawir Syahidi

Ketika saya sedang berada di Labuan, di tempat kelahiran istri saya, karena ada suatu keperluan, pikiran tentang pengembangan lembaga Cahaya Aksara yang kami gawangi terus berkelindan di kepala. Membuka laptop dan juga membuka pikiran-pikiran tentang konsep dan evaluasi diri tentang capaian lembaga sampai tahun 2021.

Akhirnya saya membuat skema visual sederhana tentang pencapaian lembaga. Saya upload di media sosial, Story WhatsApp. Tetiba sahabat saya Kang Rohman pengelola Rumah Tukik Ujung Kulon mengomentari status tersebut, karena beliau juga sedang mengelola lembaga PAUD yang nampaknya konsepnya sama dengan yang sedang kami kembangkan di TK Alam Cahaya Aksara.

Kang Rohman atau saya sering menyebutnya dengan Kang Abled, adalah kawan lama yang juga bergerak dibidang pengembangan SDM melalui kegiatan literasi, TBM Rumah Tukik Ujung Kulon yang perkembangannaya kadang membuat saya harus banyak belajar. Terutama pada pengembangan keterampilan dan keahlian kerajinan yang tentu saja bermuara pada pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Percakapan  melalui whatsApp setelahnya menjadi sangat intens, beliau berharap bahwa obrolan ini bisa dilanjutkan kepada pertemuan, bukan hanya melalui WhatsApp, menginginkan ada pertemuan yang tujuannya adalah saling belajar, bagaimana merumuskan visi, mengembangkan misi dan berujung pada program-program di TK yang dikelola.

Akhirnya kami sepakat, bahwa kami akan bertemu pada hari sabtu (06/03/21) di TK Mata Hati Ujung Jaya. Ditemani empat orang relawan Cahaya Aksara kami berangkat jam enam pagi dari Cibaliung dan datang sekitar pukul 09.30 WIB. Melewati sekian kilo meter dengan jalan yang belum seluruhnya tersentuh pembangunan yang maksimal. Perjalanan yang sebenarnya kami nikmati karena terkadang disuguhi pantai dan burunya laut, di sebelah kanan, dan terkaang hamparan sawah yang padinya sedang dipanen petani. Apalagi kalau jalannya bagus, tentu Taman Jaya atau Ujung Jaya akan menjadi wilayah yang sangat potensial untuk semakin maju dan berkembang.

Datang disambut oleh tuan rumah pengelola TK Mata Hati dan dan tenaga pendidiknya membuat saya merasa bahagia.

Saya didaulat berbagi pengalaman tentang pengelolaan manajemen lembaga terutama  manajemen TK, yang saya akui sebenarnya masih perlu banyak belajar, tetapi akhirnya tentu saja berdiskusi satu sama lain akhirya saya juga mendapatkan banyak pengalaman dan tambahan pengetahuan dari pendidik dan pengelola TK Mata Hati Ujung Jaya.

Kami mencoba merumuskan visi misi, program harian, program mingguan dan program smester yang semoga dapat menjadi acuan dalam pengembangan manajamen di TK Mata Hati Ujung Jaya. Yang saya rasa secara praktik pengelola dan pendidik di TK Mata Hati sudah matang dan berpengalaman.

Diskusi yang sebenarnya dimulai dari hari jumat melalui kuisioner Pre-Workhsop dan dilanjutkan pada hari sabtu (06/03) berkahir pada pukul 14.30 WIB. Yang tentu saja kami harus segera pulang, yang pasti pertemuan tadi memberikan kesan tersendiri bagi saya, betapa belajar dan kolaborasi menjadi sangat penting untuk pengembagan masing-masing lembaga.

News Feed