Suka Makan Durian? Ini Manfaat dan Resikonya

Suka Makan Durian? Ini Manfaat dan Resikonya

Waduh, musim duren mulai ramai menghiasi beranda facebook. Semua orang sibuk mencari dimana durian berada, banyak jenis durian dengan berbagai varian dan keunggulan.

Cara menikmatinya yang bermacam-macam, mulai dengan meminumnya dengan kopi atau langsung dimakan, rasanya tetap nikmat.

Durian yang baunya menyengat itu nampaknya memang sangat digemari semua orang, walaupun ada juga yang tidak suka.

Harga durian juga tidak bisa dikatakan murah karena paling murah harga durian Rp.25.000,- kalau anda punya uang Rp.100.000 anda berarti hanya akan dapat 4 buah durian.

Bagi anda yang menyukai durian, ini lima manfaat memikmati durian.

1. Kaya nutrisi
Satu buah durian mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Mulai dari vitamin B, C, E, sampai mineral kalsium, magnesium, dan masih banyak lagi.

2. Bisa menjadi antioksidan
Selain kaya berbagai vitamin dan mineral, buah durian juga memiliki zat antioksidan, yang bisa menangkal radikal bebas.

3. Menjaga kadar lemak
Buah durian juga bisa mencegah kenaikan kadar kolestrol serta lemak jahat (LDL) dalam darah. Sebuah penelitian menemukan kalau durian mengandung asam lemak jenis n-3 yang bisa membatasi kolestrol dalam darah. Tentu saja jika dikonsumsi dalam jumlah terbatas ya.

4. Kadar kolestrol nol
Penelitian juga menemukan kalau buah durian tidak memiliki kandungan koletrol dalam buahnya. Walau begitu, bagi orang yang memiliki kadar kolestrol tinggi, tidak boleh mengonsumsi durian terlalu banyak.

5. Mengurangi risiko tidak subur pada PCOS
PCOS (Polycystic ovarian syndrome)merupakan penyebab ketidaksuburan pada perempuan di usia produktif. Biasanya ditandai dengan munculnya kista-kista kecil dalam indung telur. Beberapa kandungan dalam durian inilah yang bisa memperbaiki glukosa dan lemak sehingga bisa mengurangi resistensi insulin.

Meski memiliki banyak manfaat, namun bukan berarti Anda bebas mengonsumsi durian dalam jumlah banyak. Tetap batasi mengonsumsi durian karena kandungan gula sederhana dalam durian bisa meningkatkan kadar gula dalam darah. Selain itu, hindari juga mengonsumsinya bersamaan dengan minuman alkohol karena bisa meningkatkan tekanan darah.

Dari berbagai sumber