oleh

Tips untuk Kaum Rebahan

-OPINI-6 views

Oleh: Samsuri*

Untuk kamu iya kamu, kaum rebahan yang setiap hari malas mulu, kamu telah membuka website yang benar.

Saya harap sedikit tips ini bisa membantu untuk mengobati rasa malas kamu, tips ini juga berdasarkan pengalaman pribadi termasuk saya juga dulu kaum rebahan.

Ketika kita malas, pekerjaan apapun yang kita lakukan akan terasa begitu berat dan menyiksa. padahal ketika kita melakukan nya dengan senang hati pekerjaan seberat apapun akan terasa ringan.

Rasa masalah adalah hal biasa untuk semua orang, tapi terkadang ada orang yang susah atau bahkan tidak bisa untuk mengendalikan kemalasannya.

Ada beberapa tips untuk mengobati rasa malas.
1. Lakukan pekerjaan dengan senang hati

Ketika kita melakukan pekerjaan apapun dengan setengah hati, kita cenderung akan merasakan malas. tapi cobalah belajar untuk melakukan setiap pekerjaan dengan senang hati, pasti hasilnya akan berbeda dan kamu tak akan merasakan malas.

Manusia itu tidak bisa fokus pada dua titik, ketika kita fokus pada bahagia kita akan kehilangan rasa sulit, yakni rasa malas tadi.

2. Lakukan setiap pekerjaan dengan ikhlas

Ikhlas berkaitan juga dengan senang hati,tetapi makna ikhlas lebih besar karena ikhals yaitu melakukan setiap pekerjaan karena Tuhan. Ketika kita ikhlas melakukan setiap pekerjaan, hati kita akan cenderung merasa tenang dang senang.

Dan bonusnya setiap pekerjaan yang (baik) dilakukan dengan ikhlas, itu akan mendapatkan hadiah dari Tuhan berupa pahala.

3. Lakukan pekerjaan 1 menit setiap hari

Yah hanya satu menit gampang bukan, cobalah untuk melakukan setiap pekerjaan atau ketika kita malas belajar lakukanlah hanya satu menit setiap harinya tidak perlu sampai satu jam.

Karena ketiak kita rutin melakukan sesuatu itu akan menjadi habit atau kebiasaan, ketika sekali saja kita tidak melakukan itu serasa ada yang kurang dikehidupan kita.

Contohnya ketika mandi, jika sudah menjadi kebiasaan, ketika satu hari kita tidak mandi kita akan merasa ada yang kurang dihari ini.
Nah begitulah prinsipnya jadikan 1 menit sebagai kebiasaan.

Khusus bagi umat Islam ada tips tambahan yang menurut saya sangat manjur.
1. Berwudhu

Berwudhu akan membuat kita menjadi segar dan semangat melakukan sesuatu.
Karena yang menyebabkan malas adalah syetan yang tercipta dari api dan hanya bisa diatasi dengan bersuci (berwudhu).
Karena api harus dilawan dengan air bukan dengan bensin.

2. Lakukan Amal Shaleh

Selain mendapatkan pahala, melakukan amal shaleh juga akan membuat kita lebih semangat dalam melakukan sesuatu.
Amal shaleh contohnya sholat,mengaji Al-Qur’an, bersedekah membantu orang dan masih banyak lagi.

Dan ini tips terakhir (umum) dari saya, Action (lakukan),jadi jangan hanya sekedar mengetahui teori karena percuma bila tidak dilaksanakan itu akan sia-sia, jadi lakukan sekarang juga!.

 

*Samsuri Relawan Cahaya Aksara

News Feed