oleh

Ulang Tahun Pandeglang 147? Bagaimana Akses Membaca Masyarakat Pandeglang?

-OPINI-128 views

Saya selalu bahagia ketika ulang tahun datang, setidaknya saya bisa mengevaluasi diri sendiri. Apa pencapaian yang telah diraih, dan apa yang bisa dilakukan untuk mengingkatkan kualitas diri. Nah ini kabupaten Pandeglang ulang tahun yang ke 147,  apa pencapaiannya? Bisa kita lihat dari berbagai pembangunan yang dilakukan di Kabupaten Pandeglang, baik yang bersumber APBD Kabupaten Pandeglang, APBD Provinsi dan bahkan APBN.

Pembangunan itu, ya pembangunan infrastruktur bukan sesuatu yang tidak  penting, selain pembangunan infrastruktur juga dibutuhkan pembangunan manusia Pandeglang.

Pembangunan manusia Pandeglang tidak bisa dilepaskan dari persoalan pendidikan, apa kabar pendidikan Pandeglang? Sebagai orang Pandeglang, kita bisa jalan-jalan menengok kualitas pendidikan di Pandeglang? Atau kalau anda bukan orang Pandeglang bisa jalan-jalan ke Pandeglang, tengoklah wilayah-wilayah terjauh dari pusat Kabupaten Pandeglang.

Oh iya, bagaiamana perpustakaan di Pandelang? Berapa persen orang Pandeglang yang mau membaca? Bagaiaman koleksi perpustakaan di Pandeglang? Atau jangan-jangan sedikit sekali yang tahu posisi dimana gedung perpustakaan Pandeglang? Berapa APBD Pandeglang yang dicurahkan untuk kemajuan literasi di Pandeglang? Kemajuan literasi tidak dapat dipisahkan dari kualitas perpustakaan, sebagai salah satu pusat literasi.

Perpustakaan keliling? Oh iya ada berapa mobil perpustakaan Pandeglang? Kondisinya seperti apa? Berapa kali satu desa dalam satu tahun bisa dikunjungi?

Perpustakaan desa? Oh iya bagaimana kabar taman pintar? Ayo saling berkolaborasi, karena literasi tanpa kolaborasi berarti menuju mati.

Pandeglang perlu kerja keras untuk mewujudkan kemajuan, salah satunya adalah memperbaiki kualitas pendidikan dan meningkatkan literasi masyarakatnya.

Jangan juga menyalahkan minat baca yang rendah, tetapi sudahkah kita menyiapkan akses bacaan yang banyak? Berapa persen APBD kita diserap untuk meningkatkan minat baca. Jangan-jangan anggaran perpustakaan adalah anggaran dinas terkecil?

Ya segala hal mengenai Pandeglang, saya hanya bisa bertanya-tanya. Saya saja yang kurang ahli mencari data. Jadi biarkan tulisan ini menjadi pertanyaan-pertanyaan dari saya, sebagai masyarakat Pandeglang.

Oh iya, Bebas Covid? Ekonomi bangkit? Dari mana itu bersumber? Ekonomi bangkit bersumber dari bagaimana kualitas pengetahuan masyarakatnya. Dan peningkatan kualitas pengetahuan masyarakat adalah dengan literasi.

*Munawir Syahidi, CEO Cahaya Aksara

News Feed