oleh

Cahaya Aksara dan Upaya Menyalakan Cahaya dengan Literasi

-LITERASI-85 views

Cahaya Aksara adalah komunitas literasi yang didirikan pada tahun 2014, di Cimanggu – Pandeglang Banten, dulu bernama Saung Huma, pada tahun 2017, kami terlibat pada wadah komunitas literasi bernama Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sejak saat itu kami melibatkan komunitas pada berbagai kegiatan literasi.

Tahun 2017 Akhir, kami menempati tempat baru di Kp.Curug luhur desa Waringinjaya Kecamatan Cigeulis, Pandeglang.

Berbagai kegiatan kami lakukan lebih sering, karena tempat itu yang akan menjadi pusat kegiatan literasi yang kami lakukan.

Nama Saung Huma, pada 09 September 2020 diganti menjadi Cahaya Aksara, mengikuti lembaga Yayasan Cahaya Aksara yang dilegalkan melalui SK Kemenkumham pada tahun 2019.

Fasilitas yang dulu kami miliki hanya beberapa jumlah koleksi buku anak dan remaja, dari hasil membeli pribadi dan donatur. Dengan mengandalkan pohon tangkil sebagai tempat membaca dan aktivitas literasi.

Sampai akhirnya dengan bantuan masyarakat kami dapat membuat rumah pohon, pada batang Tangkil atau melinjo tersebut.

Seieing berjalannya waktu, kami membuat lembaga TK (Taman Kanak Kanak) TK Alam Cahaya Aksara, sebagai upaya untuk menanamkan pentingnya pendidikan kepada anak-anak. Berjalan dua tahun, TK Alam Cahaya Aksara berjalan menuju arah yang lebih baik.

Pada tahun 2021 ini, dilandasi pada pentingnya pendidikan, sedangkan di lingkungan sekitar Cahaya Aksara masih banyak yang putus sekolah formal, maka kami membuat PKBM, untuk menampung anak-anak usia sekolah yang tidak bersekolah formal agar dapat belajar dan mendapatkan ijazah. Kesetaraan.

TBM yang menjadi asal mula aktivitas tetap menjadi prioritas kami. Sebagi upaya bersama menyalakan cahaya.

*Munawir Syahidi

 

 

 

News Feed