oleh

Kolaborasi di Kampung Literasi Pandeglang Selatan

Pandeglang- Cahaya Aksara. Pencanangan Kampung Literasi Pandeglang Selatan adalah salah satu agenda dari kegiatan Kampung Literasi. Kampung Literasi Pandeglang Selatan telah dilaksanakan dengan meriah (17/11/21) bertempat di Arena Cahaya Aksara, kampung Curug Luhur Desa Waringinjaya Kecamatan Cigeulis, Pandeglang Banten.

Acara yang digelar sejak pukul 09.00 WIB itu harus berjalan ditengah guyuran hujan yang turun sejak pagi sampai siang. Namun walaupun acara ditengah guyuran hujan, kegitan pencanangan tersebut tetap dapat dilaksanakan dengan meriah.

Munawir Syahidi selaku penanggung jawab program kampung literasi Pandeglang Selatan itu menyatakan terimakasihnya kepada semua pihak yang telah membersamai proses kegitan literasi di Cahaya Aksara, termasuk kepada direktorat PMPK Kemdikbud Ristek yang telah memberikan apresiasi kepada Cahaya Aksara sehingga dapat melaksanakan program kampung literasi.

“Saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan baik moril ataupun materil, sehingga proses kegiatan di Cahaya Aksara dapat berjalan sampai saat ini, kepada masyarakat sekitar Cahaya Aksara yang telah bahu membahu membuat sarana Ruang Riung Cahaya Aksara sehingga sekarang dapat digunakan bersama, dan kepda PMPK ucapan terimakasih karena telah mengapresiasi kegiatan kami di Cahaya Aksara”

Munawir mengatakan keberadaan Cahaya Aksara sebagai sebuah lembaga yang konsen pada pengembangan SDM tidak bisa berjalan sendiri, perlu kolaborasi dengan semua pihak. Termasuk keberadaan fasilitas di Cahaya Aksara adalah sumbangsih dari semua pihak yang menginginkan adanya perubahan, kolaborasi itu dala bentuk pengadaan sarana dan kegiatan literasi. Ungkap Munawir dalam Sambutannya.

Sementara Dr.Cecep Suryana sebagai perwakilan dari PMPK juga mengatakan jika stimulus kegiatan yang diberikan pemerintah sebagai stimulus agar kegiatan literasi dapat terfokus dan dapat menambah jangakauannya menjadi lebih luas, maka TBM Cahaya Aksara ditunjuk menjadi pusat kegiatan literasi di Pandeglang Selatan.

“Literasi itu harus ada pusatnya, maka kami melihat Cahaya Aksara dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan, yang kami cek melalui media sosial, meyakinkan kami untuk menjadikan Cahaya Aksara menjadi koordinator pengembangan literasi di Pandeglang Selatan”

Dalam Kegitan tersebut, juga ditampilkan pertunjukan seni kolaborasi dari Boeatan Tjibalioeng, Sanggar Mugia Endah Cibaliung, dan Relawan Cahaya Aksara. Calung Renteng yang menjadi calung khas daerah Cibaliung dimainkan Rizal Mahfudz dari Boeatan Tjibalioeng dipadukan dengan tari dari Sanggar Mugia Endah, sementara relawan dan anak-anak Cahaya Aksara mengikuti iringan calung dengan lagu-lagu daerah seperti lagu Calintung Huma dan uti-uti uri.

Unsur tamu undangan yang datang dalam kegiatan tersebut adalah tokoh masyarakat sekitar, dari unsur koormin Cigeulis, kepala lembaga pendidikan, perpusda Pandeglang dan Perpusda Provinsi yang membawa armada mobil pintar dan perpustakaan keliling. Termasuk dari forum TBM Pandeglang yang menghibahkan buku untuk Kampung Literasi Pandeglang Selatan.

“Ya ada hibah buku dari FTBM Pandeglang, juga sebagai bentuk kolaborasi” Tambah Munawir setelah kegiatan pencanangan.

Acara pencanangan Kampung Literasi Pandeglang Selatan dibuka langsung oleh Dr.Cecep Suryana Koordinator fungsi keaksaraan dan budaya baca PMPK Kemdikbud dan Ristek Republik Indonesia.

*Humas Cahaya Aksara

News Feed