oleh

Talkshow “Esensi Kampung Literasi”

Pandeglang-Semburat.com. Setelah pencanangan Kampung Literasi Pandeglang Selatan acara dilanjutkan dengan Talkshow dengan tema esensi Kampung Literasi. (17/11/21)

Dalam talkshow ini Dr.Cecep dari direktorat PMPK Kemdikbud RI didaulat sebagai pemantik ditemani Andri Gunawan sebagai ketua FTBM Banten. Sementara tuan rumah Cahaya Aksara yang menjadi pengelola Kampung Literasi Pandeglang Selatan, Munawir Syahidi bertindak sebagai moderator.

Diskusi ini dihadiri juga oleh kawan-kawan pegiat dari Tangerang Raya yang sengaja datang dan berkunjung ke TBM Cahaya Aksara.

Dr.Cecep mengatakan jika kampung literasi adalah upaya memberikan manfaat bagi kampung, kampung yang beliau artikan sebagai tempat kelahiran, bisa saja skupnya adalah kabupaten bahkan lebih. Maka keberadaan Kampung Literasi harus mampu memberikan manfaat pada orang-orang tempat Kampung Literasi itu berada.

Sementara Andri Gunawan mengatakan jika KL (red Kampung Literasi) adalah upaya mewujudkan pembangunan SDM di Indonesia dengan melakukan gerakan literasi yang berdasar pada pengembangan enam literasi dasar.

Diskusi mengalir sampai pada bagaimana pengelolaan relawan, yang pertanyaan tersebut dijawab oleh Rudi sebagai relawan Rumah Dunia yang juga sebagai pengurus FTBM Pusat.

Acara talkshow berjalan sampai sore, dan membedah berbagai problematika pengembangan literasi.

Andri Berharap, Kampung Literasi Pandeglang Selatan dapat terus bersinergi dengan semua pihak untuk melaksanakan berbagai kegiatan literasi.

*Humas Cahaya Aksara

News Feed