oleh

Keseruan Hari Pahlawan Di TBM Cahaya Aksara

-LITERASI-14 views

Relawan TBM Cahaya Aksara mengadakan kegiatan Minggu Bercahaya (Berbincang, membaca dan berdaya) yang kebetulan kegiatan minggu kemarin (13/11) bertepatan dengan peringatan hari pahlawan sekaligus hari ayah secara bersamaan yang bertempat di TBM Cahaya Aksara.

“Relawan Cahaya Aksara menginisisasi kegiatan yang dilaksanakan kegiatan hari pahlawan yang tentu saja sangat saya dukung, apapun kegiatannya yang bertujuan untuk kemajuan peradaban dan kemanusiaan pasti kami usahakan” ungkap Munawir Syahidi selaku Pendiri Cahaya Aksara.

Kegiatan ini diisi dengan perlombaan-perlombaan yang di targetkan untuk anak-anak di sekitar TBM Cahaya Aksara, Kp.Curug Luhur Desa Waringinjaya Kec.Cigeulis, Kegiatan ini dilaksanakan pada hari minggu 13 November 2022 dan dilaksanakan pukul 09:00 WIB.

Sebelum masuk ke sesi perlombaan dan yang lainnya, peserta diajak untuk membaca buku, didampingi relawan Cahaya Aksara.
Bagaimana kegiatan ini berlangsung? Kegiatan ini berjalan dengan lancar sesuai harapan panitia dan anak anak yang mengikutipun sangat antusias mengikuti acara tersebut.

Kegiatan minggu itu diisi tiga mata perlombaan dan diperuntukan kepada tiga jenjang pendidikan, perlombaannya anatara lain ada perlombaan mewarnai untuk jenjang Taman Kanak-kanak (TK), Perlombaan menghafal pancasila untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) dan perlombaan membaca UUD untuk jenjang Sekolah Lanjut Tingkat Pertama (SLTP)

“Dengan adanya acara memperingati hari pahlawan ini yang mungkin tidak sesuai dengan tanggal semestinya kita harus bisa menyadari tak ada tanggal yang bisa menentukan seberapa pahlawanya jiwa mereka di masanya, dan pahlawan bukan tentang apa yang tertera di tanggal hingga terkobar jiwa kita untuk merayakanya tapi bagaimana jiwa kita untuk menghargai dan menjadi penerus kecil yang mungkin tak terlihat seperti memberi pendidikan buat anak anak penerus bangsa” ujar Mang Perdi Hermawan selaku Ketua pelaksana kegiatan ini.

Kegiatan ini adalah kegiatan perlombaan untuk anak anak TK, SD dan SMP. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa nasionalis kepada bibit-bibit penerus bangsa sekaligus memerihkan hari pahlawan dan hari ayah, selain perlombaan, kegiatan ini juga mengadakan kegiatan nobar film dokumenter peristiwa 10 November bersama para peserta guna mengenalkan peristiwa tersebut kepada peserta kegiatan. Acara tersebut terbilang sukses dan sesuai dengan harapan para panitia mengingat jumlah peserta dan antusiasme para peserta terhadap kegiatan tersebut.

Suasana hujan sejak semalam dan sempat mereda ketika pagi, gerimis dan jalan yang licin tida meyurutkan anak-anak untuk datang ke Cahaya Aksara.

Penulis: ALi Rahmi