Kolaborasi Mahasiswa KKN dan Ibu PKH: Mengedukasi Tentang Perlindungan dan Hak Anak

EXPLORE18 views

Kolaborasi Mahasiswa KKN dan Ibu PKH: Mengedukasi Tentang Perlindungan dan Hak Anak di Desa Sidomulyo

Desa Sidomulyo, 8 Agustus 2024 — Dalam upaya memperkuat perlindungan dan hak anak, empat mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Alma Ata berkolaborasi dengan Ibu-ibu Program Keluarga Harapan (PKH) Desa Sidomulyo pada sebuah kegiatan sosialisasi yang penting. Meski tidak memimpin langsung sesi edukasi, kehadiran mahasiswa KKN yang menemani sosialisasi ini menjadi bagian integral dari upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai hak anak dan perlindungan mereka.
Acara sosialisasi berlangsung pada Kamis pagi dan dihadiri oleh lebih dari 15 ibu rumah tangga yang merupakan anggota PKH di Desa Sidomulyo. Kegiatan ini berfokus pada edukasi tentang hak-hak anak dan perlindungan mereka, termasuk hak atas pendidikan, kesehatan, dan perlindungan dari kekerasan.
“ Kita sebagai orang tua harus senantiasa memenuhi hak-hak anak kita dan memberikan perlindungan terhadap mereka”. Tegas Ibu Yulisuliastri perwakilan dari Kementrian Sosial.
Mahasiswa KKN hadir sebagai pendamping, mendukung dan membantu Ibu-ibu PKH dalam menyampaikan. Walaupun tidak memimpin sesi edukasi, mereka memainkan peran penting dalam memastikan jalannya acara berjalan lancar dan interaktif.

“Walaupun kami tidak memimpin sesi edukasi peran kami terbilang cukup penting dalam membantu Ibu Yulisulastri menyampaikan informasi dengan lebih efektif. Kami juga berperan sebagai jembatan antara penyampaian materi dan pemahaman peserta, ” kata Miftakhul Mukhlisin, salah satu mahasiswa KKN-T Desa Sidomulyo.
Sebagai penutup, acara diakhiri dengan tepuk P2K2 yang mencairkan suasana dan menjadi penutup pertemuan kelompok PKH di RT 10 Desa Sidomulyo.
Dengan berakhirnya acara ini, diharapkan kesadaran tentang hak anak dan perlindungan mereka akan meningkat, serta memperkuat komitmen masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman dan mendukung bagi anak-anak di Desa Sidomulyo.

Penulis : Yana Suryana