oleh

CARA BERADAPTASI DENGAN LINGKUNGAN BARU

-OPINI-72 views

Hallo Sobat Semburat !!!

Kali ini kami dari relawan semburat akan berbagi tips-tips untuk kamu yang saat ini masih kebingungan caranya beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Padahal gampang loh cara beradaptasi dengan lingkungan yang baru itu. Penasaran??? Skuylahhhh baca sampai selesaii

Baiklahhh sebelum kita mulai tips-tips beradaptasi dengan lingkungan baru, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu pengertian dari adaptasi.

Apa itu adaptasi?

Hayohh siapa yang tahu dengan arti dari adaptasi acungkan tanggannya hehehe
kalo yang bisa jawab nanti dapet permen karet hehehe

Okeyy baiklahh saya kasih tahu ajadehh, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adaptasi adalah penyesuaian terhadap lingkungan, pekerjaan, dan pelajaran.

Yang lebih jelasnya adaptasi adalah proses menyesuaikan diri kita terhadap hal – hal yang baru seperti menyesuaikan dengan lingkungan, pekerjaan, atau bahkan terhadap pelajaran yang baru.

Terus bagaimana sih caranya agar dapat beradaptasi???

Berikut adalah beberapa cara/tips agar kita dapat dengan mudah beradaptasi di lingkungan baru, yaitu sebagai berikut :

  1. Niat

Cara ini adalah awalan kita untuk memulai segala sesuatu. Yang pasti niatan kita adlah ingin beradaptasi dengan lingkungan baru yang akan kita tempati. Sesekali akan sulit bagi kita jika niat awal tidak ingin beradaptasi, maka akan sulit bagi kamu untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan yang maru.

  1. Hilangkan pemikiran bahwa lingkungan baru itu sulit untuk kita

Terkadang beberapa orang memiliki pemikiran yang seperti ini. Haiii sobat, jika kita memiliki pemikiran yang demikian, maka kita akan sulit untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Biasanya suka minder karena takut inilah itulah. Kalo saya dulu percaya diri aja wkwk ya memang saya beranggapan lingkungan baru juga dapat kita tempati.

  1. Jangan malu untuk bertanya

Pepatah mengatakan “malu bertanya akan sesat dijalan”. Yapsss betul sekali sob. Terkadang nihh yakkk, ketika orang yang tidak kita kenal ketika ditanya mereka akan merasa dihargai oleh kita. Pernah gak sih kalian juga merasa dianggap gitu kalo ditanya sama orang lain? Nahh ituuu jawabanyaa wkwk

  1. Menghargai setiap perbedaan

Dilingkungan yang baru kita akan menemukan semua hal – hal yang memang belum kita temukan sebelumnya. Artinya semua yang kita temukan didalam lingkungan itu baru – baru semua. Baik itu perbedaan agama, suku, ras dan yang lainnya. Sebetulnya perbedaan itu indah sob, kita bisa saling toleransi dengan orang –orang yang berbeda baik dari suku, agama, ataupun yang lainnya. Hal inilah yang membuat kita dengan lingkungan menjadi harmonis. kaya aku dan kamu gituu hehehe

  1. Be yourself (jadilah diri anda sendiri)

Hal ini yang terkadang sulit kita lakukan karena beberapa ketakutan yang memang melanda pada diri. Takut tidak diterima dengan sikap kita yang beginilah begitulah maka supaya diterima oleh lingkungan baru kita harus berubah sesuai apa yang lingkungan itu mau. Wow!!! Pasti beratt sekali kalo seperti itu hehehe. Heii sobatku, kalo kamu diibaratkan sebuah emas, kamu akan tetep menjadi emas dan gaakan berubah menjadi apapun walaupun ditempat yang berbeda. Maka jadilah diri sendiri, agar lingkungan itu menghragai sikap, perilaku kamu sendiri. Yang terpenting selalu jaga sopan santun dimanapun kita berada.

Penulis : Moh. Sopyan / Semburat

News Feed