oleh

Lagi, Ibu Hamil ditandu Menggunakan Sarung

Kemarin sempat jadi berita hangat di Cimanggu tepatnya di Kp. Duku handap Ds.Batu Hideung, terkait pasien yang sakit yang harus ditandu oleh keluarga menggunakan sarung yang akhirnya meninggal saat sudah sampai ke rumah sakit.

Dan pada tanggal 25 Mei 2022 kemarin di hari rabu, ibu Darwati istri dari pak Misradi juga dari Kp. Dukuhandap, Desa Batuhideung, Kec. Cimanggu, lagi dan lagi terpaksa harus ditandu juga menggunakan sarung oleh keluarga dan masyarakat sekitar. Alasan yang terjadi masih sama yaitu sulit di akses oleh mobil. Apalagi dengan kondisi kemarin sempat turun hujan di darah tersebut, yang membuat jalan semakin parah.
Ibu darwati di tandu menggunakan sarung sejauh 3 KM dari Kp.Duku Handap menuju bidan terdekat yaitu di Kp.Cikeyeup.

“Dari pas di tandu aja perjalanan menuju Kp. Cikeyep bu darwati ini sudah mengalami pendarahan” tutur Esih Ubaedilah yang mendengar info langsung dari keluarga.

Setelah sampai bidan yang ada di Kp. Cikeyeup bidan tersebut menyarankan ibu Darwati ini di bawa ke Puskesmas. Karena pendarahan yang cukup serius terhadap bu Darwati ini yang akhirnya bidan tersebut tidak bisa membantu banyak karena peralatan yang tidak lengkap.

Keluarga bersama bidan setempat yang ada di Ds.Batuhideung membawa bu Darwati ke RS. Alinda Panimbang. Namun saat di perjalanan menuju RS. Alinda bu darwati akhirnya melahirkan secara normal di mobil.

“Tadi saya udah nelepon keluarga.
Katanya lahirannya mah normal di mobil waktu di perjalanan menuju ke panimbang Rs. Alinda” Tutur Esih Ubaedillah

Tiba di RS. Alinda akhirnya ibu Darwati sempat di periksa terlebih dahulu yang pada akhirnya dokter disana lebih menyarankan ibu Darwati ini di bawa ke RS yang ada di Pandeglang.

“Terus lanjut di bawa aja ke Panimbang karena tali ari-ari nya gak bisa keluar. Di Panimbang dokter nya juga gak sanggup karena kekurangn alat dan si pasien udah parah” tutur Esih Ubaedilah

Akhirnya dari RS. Alinda bu Darwati di bawa menuju Rumah Sakit yang ada di pandeglang.

“Sekarang alhamdulillah untuk kondisi terkini bu Darwati sedang dalam masa pemulihan di RS. Pandeglang” katanya.

Menurut Esih, dari info yang diterima dari pihak kecamatan jalan menuju Duku Handap, realisasi perbaikan jalan akan direalisasikan tahun depan. Tentu masyarakat menyambut gembira rencana tersebut, agar segera direalisasikan.