oleh

Risiko Indonesia Jika Bergabung dengan EAFF

-OPINI-10 views

Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF) Dilirik PSSI untuk mengabungkan sepak bola Indoseia pada federasi tersebut setelah disinyalir Indonesia akan keluar dari AFF.

Peluang Indonesia untuk bergabung dengan EAFF sebenarnya terbuka, akan tetapi jika benar Indonesia bergabung dengan EAFF maka Indonesia akan beraing dengan sepuluh negara sebelumnya yaitu Jepang, Korea Selatan, Korea Utara, China, Taiwan, Mongolia, Guam, Kepulauan Mariana Utara, Hong Kong dan Makau.

bisakah Indonesia menjadi juara pada setiap pertandingan yang digelar dengan melihat negara-negara yang tergabung di EAFF.

Kabar PSSI yang sudah melakukan komunikasi dengan Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF) itupun menjadi topik hangat di media-media Vietnam.

Terkait keberaatan Indonesia pada laga AFF Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) terhadap Federasi Sepak Bola Asean (AFF) terkait laga Thailand Vs Vietnam di fase grup AFF U-19 2022 berbuntut panjang.

PSSI mengajukan keberatan terhadap laga Thailand Vs Vietnam yang berakhir imbang 1-1 itu lantaran adanya dugaan aksi unfair play yang dipertontonkan kedua tim, seperti yang dilontarkan Shin Tae Yong beberapa pekan yang lalu, Terkait sikap keberatan Indonesia pada aksi Timnas U-19 Thailand dan Timnas U-19 Vietnam, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan pihaknya sudah melayangkan surat terhadap AFF dengan tembusan ke AFC dan FIFA pada pekan lalu.

Hasil imbang 1-1 Thailand Vs Vietnam membuat Timnas U-19 Indonesia tersingkir dari ajang Piala AFF U-19 2022.

Belakangan, Thailand dan Vietnam yang lolos ke babak semifinal, malah gagal juara karena sama-sama kalah di fase gugur setelah kalah dari Malaysia dan Laos.

Polemik ini pun berbuntut panjang di kalangan masyarakat Indonesia, masyarakat media sosial mendesak Indonesia untuk keluar dari AFF, meskipun tentu jika bergabung dengan EAFF akan bersaing dengan negara-negara dengan kualitas sepak bola yang berada diatas rata-rata Indonesia.

Hal tersebut rupanya sudah sampai ke telinga Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Ia mengatakan pihaknya sudah membangun komunikasi terkait dengan Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF) terkait hal itu.

Menurutnya, banyak pertimbangan yang harus diperhatikan jika Indonesia keluar dari AFF dan masuk ke dalam EAFF, termasuk persaingan dengan anggota EAFF.