“Sikokom” Kajian Rutin Kepemiluan Panwascam Dapil 4 Pandeglang

BERITA42 views

Sikokom jilid pertama untuk periode kepemiluan tahun 2024 ini dilaksanakan pada 08 Januari 2022 bertindak sebagai tuan rumah adalah panwaslu kecamatan Sumur.

Dalam kegiatan tersebut hadir Ketua Bawaslu Kabupaten Pandeglang Ade Mulyadi dan Koordiv P2HL Karsono, dalam pemaparan dan sambutannya ketua Bawaslu Kabupaten Pandeglang mengatakan jika Sikokom adalah kegiatan yang positif yang hanya dimiliki oleh Dapil 4 dan kegiatan ini juga diapresiasi oleh Bawaslu Provinsi Banten sebagai bentuk kegiatan yang positif untuk penyelenggara pemilu.

Sementara Karsono mengatakan jika Sikokom adalah kegitan yang pernah dia dengan teman-temannya gagas sewaktu dirinya masih menjadi Panwascam digagas bersama panwascam Dapil 4. “Alhamdulillah kegiatan Sikokom masih bisa berjalan pada periode kepemiluan 2024, sebagai upaya bersama untuk menjaga silaturahmi dan soliditas pengawas pemilu, yang tentu saja manfaatnya bukan hanya manambah pemahaman tentang regulasi kepemiluan, lebih dari itu adalah menjaga silaturahmi”

Kegiatan yang dimulai sekira pukul 11 siang itu dihadiri seluruh panwascam, kegiatan diskusi berjalan dengan lancar dimulai dari tanggapan permasalahan dari masing-masing kecamatan terkait tahapan dan regulasi kepemiluan, yang kemudian ditanggapi oleh pimpinan bawaslu kabupaten Pandeglang.

Kegiatan Sikokom diakhiri dengan makan bersama dan sesi diskusi bebas. Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan spanduk kepada tuan rumah berikutnya, dan berdasarkan kesepakatan tuan rumah sikokom berikutnya adalah kecamatan Sobang dengan agenda pembahasan tahaoan pemilu, pengawasan dan regulasinya.

*Munawir Syahidi