Koran Sebagai Matapencarian Penyambung Hidup

blog, EKONOMI, EXPLORE20 views

Yogya- Saat ini sudah jarang sekali orang yang membaca koran, karena di era digital ini semua orang telah beralih  ke media online dari yang dulunya membaca berita di koran sekarang lebih memilih menggunakan HP. Pak Min pria lansia berusia 66 tahun, sudah lama sekitar 5 tahunan Pak Min berjualan koran, Dia berjualan di area Malioboro, Dia berjualan dari pukul 07.00 hingga pukul 17.30 WIB dan menurut Pak Min berjualan koran ini adalah pekerjaan yang menyenangkan, walaupun peminat koran mulai sedikit, Pak Min bilang bahwa semua pekerjaan itu sebenarnya bagus, tidak harus pekerjaan yang berpangkat saja, karena sekarang ini banyak sekali orang yang terlalu memilih-milih pekerjaan.

Pak min mengajarkan kita para generasi muda untuk semangat dalam berbagai hal, ntah itu dalam pekerjaan, pendidikan dan lain sebagainya. Seorang pria lansia yang memiliki semangat juang tinggi untuk bertahan hidup, walaupun harus berjualan koran di bawah teriknya cahaya matahari, kita belajar banyak dari sosok Pak Min demi menyambung hidup, beliau rela berjualan koran di usia yang seharusnya beliau istirahat, Pak Min bilang walaupun mulai sedikit peminat koran akan tetapi tetap saja masih ada yang membeli korannya, Pak Min menjual 1 korannya seharga 6 ribu rupiah, terkadang koran yang dijual Pak Min bisa habis dalam satu hari, tetapi terkadang juga masih sisa, jika sisa Pak min akan menumpuk koran yang tidak habis tadi dirumahnya. Dan akan mengambil koran yang baru di esok harinya.

Meskipun Pak Min sudah tua, tetapi dia tetap memiliki semangat yang luar biasa, dan Pak Min juga terlihat sangat sehat, “saya tetap sehat dan semangat dalam bekerja karena saya bekerja sepenuh hati tidak memilih-milih yang penting bisa mendapatkan penghasilan setiap harinya, walaupun pekerjaan saya tidak berpangkat dan hasilnya pun tidak seberapa, tetapi menurut saya pekerjaan itu selagi halal pasti akan menyenangkan dan asik. Rabu (1/2/23).