Menjelajahi Merapi Bersama Derasnya Hujan

blog, EXPLORE67 views

Kaliurang. Minggu, 29 Januari 2023. Foto by firasti

Kaliurang adalah tempat wisata yang berada didaerah Sleman, Yogyakarta. Kaliurang yang berasal dari kata “kali” yang artinya sungai dan “urang” yang artinya udang. Sehingga, kaliurang bisa diartikan sebagai sungai udang yang terletak tepat di selatan lereng Merapi.

Tidak afdol rasanya jika libur sekolah melewatkan tamasya bersama teman, sahabat dan keluarga. Seminggu setelah ujian berlalu, saya dan teman-teman melakukan perjalanan untuk berjelajah ke merapi yang ditemani oleh hujan lebat dan cuaca dingin. Dengan bermodalkan nekat dan yakin, ditemani hujan yang lebat, jalan curam, hingga kondisi jalanan yang rusak pun kami lewati. Senang sekali rasanya melepas penat disaat usai berperang dengan soal-soal ujian yang memusingkan. Dihidangkan dengan pemandangan hijau yang segar akibat guyuran hujan dan suasana yang ramai dengan para wisatawan sebagai pelengkap disetiap perjalanan kami.

Walaupun, kita kedinginan saat diperjalanan, tapi kita sangat senang karena selama diperjalanan kita mendapatkan banyak hal baru dan pengalaman liburan yang tak seperti biasanya. Melewati jalan rusak yang curam dan licin pun tidak membuat kita takut untuk tetap melanjutkan ke perjalanan-perjalanan selanjutnya.

Kunjungan pertama, kita langsung tertarik ke Gua Jepang, dengan suasananya yang gelap dan lembab menambah ciri khas peninggalan Jepang tetap terlihat menyeramkan dan terjaga keasriannya. Dikelilingi hijaunya pohon yang lebat dan hijaunya lembah memanjakan mata kita serta menjernihkan pikiran kita. Tak lupa, kita dipertemukan oleh banyaknya hewan monyet yang berada disekitar lokasi.

Dilanjut dengan perjalanan selanjutnya, kita bertemu banyak lokasi yang menyediakan sewa mobil jeep dan motor ATV. Wisatawan dapat mencoba permainan ekstrem yaitu trekking yang dapat diikuti oleh siapapun hanya dengan membayar sebesar Rp. 350.000 per jeep hingga Rp. 600.000 per jeep saja.

Siapa sangka ternyata kaliurang terdapat banyak objek wisata yang menarik dan sangat recomendasi untuk dikunjungi. Mulai dari peninggalan zaman Jepang hingga kejadian bencana besar yang pernah Indonesia lalui semua tersimpan dengan baik di Kaliurang. Gunung Merapi yang indah, peninggalan alm. Simbah Maridjan, Gua Jepang, Bungker Kali Adem, Tlogo Putri Kaliurang, The Lost World Castle, Lava Tour Merapi, Karang Pramuka, Taman Nasional hingga Jeep Tour, dan masih banyak lainnya.

Banyak wisatawan apalagi anak muda yang berkunjung pada saat itu, karena kita berkunjung tepat di hari weekend. Walau diguyur hujan deras dan cuaca yang dingin, tidak menutup kemungkinan wisatawan tetap berkunjung dan bermain bersama derasnya air.

Hanya meraup biaya masuk Rp. 4.000 per orang, kita bisa menikmati spot yang berada di wilayah kaliurang ini. Banyak tempat wisata yang bisa kita kunjungi selama masih berada di kaliurang. Dengan suasana alam yang sejuk dan asri membuat liburan kita akan memuaskan dan menyenangkan.

Banyak kenangan indah yang kita lalui selama perjalanan mulai dari berangkat ke lokasi hingga pulang dari lokasi. Tersimpannya peninggalan-peninggalan yang ada dan terjaganya kelestarian yang ada menandakan bahwa Indonesia memang memiliki alam yang indah yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata dan peluang untuk membantu perekonomian warga sekitar.