Virus Dapat Dicegah dengan Tanaman ini

Virus Dapat Dicegah dengan Tanaman ini
Posted by:

Honje yang biasa kita temukan dirumah, tumbuhan sebagai rempah ini biasa ditanam untuk keperluan didapur, dipakai untuk sambal terasa nikmat dengan wangi yang khas.

Khasiat honje terdapat pada daun, batang sampai bunga dan buahnya, salah satunya adalah untuk kolestrol.

Di Indonesia tanaman ini sangat mudah ditemukan, Tanaman dengan nama ilmiahnya Etlingera elator ini terdiri dari daun serta bunga buah yang berwarna merah muda terlihat cantik sekali.

Hampir semua bagian tanaman ini sangat baik untuk kesehatan. Buah honje biasanya dikonsumsi dengan cara dibikin minuman jus, apalagi jika dicampur dengan gula merah atau gula aren.

Sedangkan, daunnya bisa diolah menjadi berbagai hidangan atau dijadikan lalapan. Tanaman rempah ini mengandung karbohidrat sebagai sumber energi utama, bahkan daunnya sendiri jika dijadikan sebagai alas untuk memindah ikan, wanginya khas menggugah selera.

 

Tumbuhan Honje

 

Dari berbagai sumber honje memiliki 15 manfaat bagi kesehatan
Memaksimalkan Fungsi Imunitas Tubuh

Menangkal Virus

Zat besi dalam honje mampu memaksimalkan sistem imunitas tubuh lantaran bisa mengaktifkan sistem limfosit untuk melawan bakteri atau virus yang masuk ke tubuh, zat lain yang terkandung dalam buah honje juga sangat membantu dalam proses metabolisme dengan baik, lantaran mendukung tubuh jadi lebih kuat.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Karena memiliki kandungan serat, honje bisa digunakan untuk membantu menurunkan jumlah kadar kolesterol jahat, kolesterol tinggi dapat menimbulkan berbagai penyakit yang lebih parah, seperti stroke maupun tekanan darah tinggi.

Menurunkan Risiko Kanker

Khasiat honje juga bisa membantu menghambat perkembangan sel-sel abnormal dalam tubuh, sehingga dapat meminimalisir risiko kanker, terutama menyerang organ dalam, seperti kanker payudara, kanker usus, kanker rahim, dan lainnya.

Membersihkan Pembuluh Darah

Manfaat dan khasiat honje untuk kesehatan berikutnya yaitu dapat membersihkan peredaran darah, sehingga menyehatkan sirkulasi darah.

Kandungan zat besi berfungsi sebagai penyalur oksigen yang berperan penting membersihkan saluran darah di seluruh tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung

Buah honje juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung karena mengandung kalium tinggi, sehingga akan terhindar dari risiko penyakit jantung.

Bukan hanya itu, kandungan serat juga baik bagi kesehatan pencernaan yang bisa membantu untuk mendapatkan berat badan ideal.

Membantu Tingkatkan Fungsi Otak

Manfaat dan khasiat honje selanjutnya adalah untuk membantu meningkatkan fungsi otak supaya selalu prima ketka harus berpikir keras.

Kandungan zat besi juga akan membantu produksi hemoglobin, dan secara tidak langsung membantu peningkatan oksigen dalam darah.

Supaya otak bisa bekerja maksimal tentunya sangat memerlukan oksigen, karena hal itu akan menguras tenaga.

Buah honje atau kecombrang ini menjadi pilihan tepat untuk menyegarkan dan juga meningkatkan fungsi otak.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat dan khasiat honje untuk kesehatan, termsuk di dalamnya untuk membantu melancarkan sistem pencernaan.

Honje mengandung serat cukup tinggi, sehingga tanaman rempah ini mampu melancarkan penceraan supaya lebih mudah menghancurkan makanan.

Selain itu, juga membantu dalam penyerapan sari-sari makanan oleh usus halus. Pembuangan fases pun akan lebih sehat dan tentunya lebih lancar.

Mencegah Dehidrasi

Buah honje mengandung cukup banyak mineral dan air yang bermanfaat untuk mencegah tubuh kekurangan cairan.

Terutama jika buah honje diolah menjadi minuman jus. Bukan hanya buahnya saja, bagian daunnya pun mengandung beragam mineral.

Mencegah Gizi Buruk

Manfaat dan khasiat honje juga bisa untuk mencegah terjadinya gizi buruk. Kandungan kalium tinggi berperan penting dalam penyerapan gizi oleh tubuh.

Pasalnya, pencernaan akan mampu memaksimalkan kinerjanya. Terkadang orang yang tengah menjalankan diet bisa terkena gizi buruk akibat polanya salah.

Mencegah Anemia

Buah honje sebagai tanaman herbal diketahui berkhasiat pula untuk mencegah kekurangan sel darah merah atau anemia.

Peran zat besi bisa membantu produksi sel darah merah yang ada dalam sumsum tulang, dan menjadikannya lebih terjaga.

Memperkuat Tulang

Manfaat dan khasiat honje yang berikutnya adalah untuk memperkuat tulang agar terhindar dari osteoporosis, maupun jenis penyakit tulang lainnya.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, konsumsi honje secara rutin yang dibarengi dengan melakukan olahraga pagi.

Menghilangkan Bau Amis

Honje bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau amis pada makanan yang memiliki bahan dasarnya bau amis.

Rebus honje dengan bahan makanan yang bau amis, karena keharuman tanaman rempah ini dapat meminimalisir serta membantu menghilangkan bau tak sedap.

Meningkatkan Kesehatan Gigi

Manfaat dan khasiat honje juga bisa meningkatkan kesehatan gigi menjadi lebih baik. Konsumsi honje secara rutin agar gigi terhindar dari pengeroposan.

Selain itu, gigi juga bisa lebih kuat dan tentunya akan lebih optimal bila Anda selalu menjaga gigi tetap bersih setiap hari.

Mencegah dan Mengobati Penyakit Kulit

Honje bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit kulit, baik yang disebabkan oleh bakteri, virus, atau zat radikal bebas sinar UV, polutan dan lainnya.

Misalnya digunakan untuk mengobati penyakit campak, cacar, maupun infeksi kulit ringan lainnya.

Sebagai Sumber Energi

Manfaat dan khasiat honje untuk kesehatan. Honje sebagai sumber energi bagi mereka yang sedang diet dengan mengurangi asupan lemak dan karbohidrat.

Sebagai tanaman herbal, honje dapat menjadi asupan saat diet karena mengandung mineral sehat dan rendah lemak, tapi bisa menguatkan.

Agar mendapatkan hasil yang optimal, masukan honje menjadi salah satu menu sehari-hari untuk dikonsumsi. (Ms)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses