oleh

Kelompok 35 KKM Untirta Berikan Pelatihan Pengolahan Sampah

Pada hari Sabtu (29/01/2022) Kelompok 35 Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Tematik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa tahun 2022 melaksanakan kegiatan berupa penyuluhan mengenai jenis sampah kepada masyarakat desa Panyuangan Jaya. kegiatan ini diisi oleh mahasiswa Fakultas Pertanian Untirta yang merupakan anggota dari kelompok KKM 35, yaitu Sri Ajeng Kartika dan Nurfitriah Sagita. Tak hanya penyuluhan kepada masyarakat, dalam kegiatan tersebut kelompok 35 KKM Tematik bersama dengan masyarakat yang turut hadir dalam kegiatan tersebut melakukan  pembuatan pupuk kompos bersama.

Pupuk kompos merupakan salah satu jenis pupuk yang terbuat dari bahan organik, yaitu hasil dari pelapukan sisa-sisa makanan seperti sayuran, buah-buahan, dan sebagainya. Pemanfaatan bahan organik sebagai pupuk kompos dapat menjadi salah satu peluang bagi masyarakat Desa Panyuangan Jaya dalam meningkatkan pendapatan karena memiliki nilai ekonomis. Selain pemanfaatan sampah organik menjadi pupuk kompos, sampah anorganik juga dapat dimanfaatkan sebagai kerajinan tangan, pot tanaman atau dijual langsung ke pengepul. Masyarakat Desa Panyuangan Jaya sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut dari awal sampai akhir.

Dengan mengetahui lebih jauh mengenai sampah organik maupun anorganik, diharapkan masyarakat Desa Panyuangan Jaya dapat lebih bijak dalam mengelola sampah, kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan sampah, serta sampah dapat bernilai ekonomis dan menjadi penghasilan tambahan bagi masyarakat setempat.