oleh

Jahe Merah dan Manfaatnya

Jahe merah adalah salah satu jenis jahe yang sekarang lebih banyak dicari orang, silahkan coba jahe merah dengan berbagai khasiatnya.

Jahe merah sejak dahulu sering dijadikan obat, selain karena jahe merah terasa lebih pedas.

(Zingiber officinale var) Rubrum atau dieebut dengan jahe merah adalah tanaman dengan rimpang berwarna merah dan ukurannya lebih kecil dari jahe putih/kuning atau disebut jahe badak.

Jika jahe biasa dinikmati ketika masih muda, maka jahe merah dipanen dan dinikmati ketika sudah tua.

minyak atsiri yang terdapat pada jahe merah yang sudah tua lebih banyak dibandingkan jahe biasa, yang membuat jahe merah terasa lebih pedas.

Beberapa manfaat jahe merah untuk kesehan.

Dari hasil riset membuktikan bahwa manfaat jahe merah untuk kesehatan adalah peluruh kentut (karminatif), antimuntah, pereda kejang, antipengerasan pembuluh darah, peluruh keringat, antiperadangan, antimikroba dan parasit, antipiretik, antirematik, serta merangsang pengeluaran getah lambung dan getah empedu.

Sering dinikmati untuk menghangatkan badan ketika hujan, ternyata jahe juga memiliki khasiat yang luar biasa.

Memiliki sifat antiradang

Efek antiradang jahe dikarenakan kandungan di dalamnya, yakni gingerol, gingerdione, dan zingeron yang menghambat prostaglandin yang merupakan mediator radang.

Efek tersebut sama dengan efek antiradang dari asam mefenamat dan ibuprofen yang merupakan golongan obat antiradang nonsteroid (NSAIDs) yang biasa digunakan untuk antiradang.

Mengatasi gejala osteoartritis

Studi lain yang dilakukan di negara Iran dan negara Amerika, membuktikan bahwa jahe memiliki efek yang sama dengan ibuprofen dalam mengatasi gejala-gejala osteoartritis, termasuk rasa nyeri.

Konsumsi jahe merah terbukti mengurangi sakit pada lutut karena tanaman ini memang bersifat antiradang.

Memperbaiki gairah seksual

Jahe merah dikenal sebagai obat tradisional yang kerap digunakan untuk memperbaiki disfungsi seksual.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, jahe merah yang diolah menjadi minyak esensial memang bisa bertindak sebagai afrodisiak dengan meningkatkan libido seseorang, meski efeknya tidak sedahsyat pasak bumi.

Meningkatkan kesuburan pria

Untuk mendapatkan manfaat jahe merah ini, Anda juga harus mengombinasikannya dengan konsumsi suplemen yang mengandung zinc.

Air jahe merah plus suplemen zinc terbukti mampu meningkatkan fungsi testis, termasuk merangsang produksi sperma.

Mengurangi morning sickness

Minum air rebusan jahe merah sudah dikenal lama sebagai pereda mual, baik yang disebabkan oleh mabuk laut, pascaoperasi, maupun kemoterapi.

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa air jahe efektif meredakan mual pada ibu hamil di trimester pertama alias morning sickness.

Meski demikian, ibu hamil sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum minum air jahe terlalu banyak.

Beberapa orang percaya bahwa konsumsi air jahe saat hamil muda bisa menyebabkan keguguran, meski klaim ini sebetulnya belum memiliki landasan yang ilmiah.

Manfaat jahe merah tersebut di atas bisa kita dapatkan dengan berbagai cara mengolah sesuai selera.
Ada yang menggunakan jahe merah sebagai acar jahe, namun olahan yang paling populer adalah menjadikan rimpang jahe ini sebagai bahan baku minuman, seperti wedang jahe, sekoteng, bandrek, jamu, sirup, dan lain-lain.

Berikut salah satu cara mengolah jahe merah untuk dijadikan wedang jahe.

Pertama, siapkan bahan-bahan berupa 400 ml air, 100 gram jahe, 1 ruas jari kayu manis, 1 batang serai, dan 3 sendok makan gula jawa (sisir).

Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

Ambil batang serai dan geprek
Siapkan kayu manis
Didihkan air, masukkan jahe, serai, kayu manis
Masak dengan api kecil, masukkan gula jawa

Cek rasa dan sajikan.
Minuman jahe merah juga sudah banyak diolah menjadi berbagai produk siap seduh. Anda juga bisa menambahkan bahan lain pada minuman jahe merah, seperti susu maupun kembang tahu.

News Feed