oleh

Tips Liburan Aman dan Nyaman

-OPINI-25 views

Liburan adalah aktivitas yang menyenangkan, sekarang banyak tempat wisata bermunculan, mulai dari yang ada di dalam kota, sampai ada yang diluar kota bahkan luar negeri.

Sesuai dengan tujannya liburan harus menyenangkan. Salah perencanaan dalam liburan membuat tujuan liburan menjadi berubah. Menyenangkan malah menjadi mengesalkan.

Sobat semburat. Berikut tips liburan agar aman dan menyenangkan.

1. Cari referensi tempat wisata di internet, sesuaikan dengan kebutuhan anda, misalnya jika membawa anak kecil, cari fasilitas yang tersedia di tempat wisata itu agar mampu mengakomodir kebutuhan sobat dan anggota keluarga yang lain termasuk anak-anak. Atau jika ada disabilitas dalam keluarga kita cari atau tanyakan apakah di tempat lokasi itu ada fasilitas untuk disabilitas.

2. Cek kendaraan yang akan dibawa untuk liburan, jangan sampai ada kendala saat dalam perjalaanan berangkat ataupun saat pulang liburan

4. Cek prakiraan cuaca melalui laman BMKG agar saat kita berangkat cuaca cerah dan tidak ada gangguan cuaca, apalagi jika kita bepergian menggunakan sepeda motor.

3. Jika aktivitas yang kita lakukan di tempat wisata berkaitan dengan aktivitas luar yang kotor misal berenang di pantai, pastikan pantainya aman dan ada penjaga pantainya, siapkan juga baju ganti setelah aktivitas diluar tersebut.

4. Bila rencana liburan saat libur nasional maka perlu juga mencari informasi jalur menuju tempat wisata, untuk menghindari kemacetan. Dan menyiapkan jalur alternatif agar bisa sampai sesuai harapan.

5. Saling mengawasi anggota keluarga, jangan sampai ada anggota keluarga yanv terpisah dari kita, buaat aturan koordinasi sederhana misal, memberi tahu jika ada yang ingin pergi, tentukan titik kumpul agar ketika sesuatu terjadi siapapun dapat datang ketempat yang ditentukan tersebut.

6. Jika akan pulang, periksa kembali barang bawaan, jangan sampai ada yang tertinggal

Nah begitu tips sederhana liburan anda,